7
modus nada dan penggunaannya
Scale kita gunakan
untuk bisa lebih meng-explore juga membuat perbedaan ‘suasana’ dalam sebuah komposisi atau improvisasi,permainan
modus membuat teman2 semua tidak terpaku pada sebuah scale(tangga nada) yang seharusnya kita mainkan pada Akor atau
kunci(root) dalam sebuah susunan harmoni yang baku.
Contohnya ada statement: “pokoknya
akor C mayor ,area improvisasi hanya C maj scale saja!!”,, Bukan seperti
teman.. Scale membuat kita lebih
luas dalam mengexplore sebuah akor..!! dan teman2 akan menemukan suasana2
baru dalam improvisasi..heheheh..seru …..sama kayak lagi jalan2 aja…hahahahah
Jadi Siapkan Gitar anda dan setem baik2 !!!!!!
Nah yang saya ini adalah
pemahamannya saya,mungkin teman2 ada pemahaman lain.silahkan shareJ
Pertama – tama:
Ada beberapa modus dasar yang
mungkin teman2 canggung waktu dengar..
Ionian,mixolydian,locrian,
dsb..!!eeiittsss….apa ini?? sejenis makanan ringan kah??? hehehehe….tak usah
takut sobat..!!sante aja…
Ada 7 modus dasar yang teman2 mesti
tau.. yaitu :
1.
Ionian
2.
Dorian
3.
Phyrgian
4.
Lydian
5.
Mixolydian
6.
Aeolian
7.
Locrian
Lihatlah daftar makanan ringan
diatas…hahahahah…!!!
Sebenarnya
jangan dipikir susah2 teman2..!! cukup teman2 semua hafal 1 tangga nada saja..yaitu MAJOR SCALE (tangga nada mayor) yang
tersusun dari (Do,Re,Mi, Fa, Sol, La Si,Do) dari semua root (akar nada atau
‘Do’ nya) Nah
ini saya susun trik-trik pemahamannya
yang mudah dimengerti.. mungkin dari Root C dulu :
1. C Ionian = mainkan mayor scale dari root itu sendiri yaitu :
C D E F G A B C
Jarak nadanya: 1 1 ½ 1 1 1 ½
Jadi untuk main C Ionian sama saja dengan kita main C mayor
scale..hehehe,,gampang kan?..
*Akor penerapannya lebih cocok ke akor mayor (C major chord)
C ionian = C D E F G A B C
Kalo kita ambil nada ke-1,ke-3 dan ke-5 nya
Maka kita dapat (C E G) = (1 3 5) = Triad Mayor
\m/Lagu anak2 juga pake modus ini..hahahha
2. C Dorian = mainkan mayor scale dari 1 nada di belakang root,,
Dalam kasus ini C adalah rootnya, jadi kita gunakan Bb mayor
scale, patokan kita tetap pada Bb scale namun tidak boleh lupa bahwa C sebagai
Root (akar),
Dengan kata lain, C menjadi ‘Re’ dari Bb Mayor Scale..
Bb mayor scale: Bb C D Eb F G A Bb
C Dorian menjadi : C D Eb F G A Bb C
Jarak nadanya : 1 ½ 1 1 1 ½ 1
Perbedaannya Bb scale dengan C dorian cuma nada ‘C’nya
digeser menjadi root(1) saja tapi isi scalenya tetap sama..gampang
kan!!hehehehehe..
*Akor penerapannya lebih cocok ke akor minor (C minor chord)
Kalo kita ambil nada ke-1,ke-3 dan ke-5 nya
C Dorian: C D Eb F G A Bb C
Maka kita dapat (C Eb G) = (1 b3 5) = Triad Minor
\m/Biasanya dipake pada musik2 funk, fusion, jazz, blues,
rock(tertentu)
3. C Phyrgian = mainkan mayor scale dari 2 Nada dibelakang root,,
jika C rootnya maka yang teman2 semua harus pake yaitu G#
mayor scale, seperti dorian diatas,patokan kita G# mayor scale namun tidak
boleh lupa bahwa C adalah rootnya, dalam kasus Phrygian maka C menjadi ‘Mi’
dari G# mayor scale.
G# mayor scale : G# A#(Bb) C
C# D# F
G G#
C Phrygian menjadi : C C#
D# F G G# A#(Bb)
C
Jarak nadanya : ½ 1 1 1 ½ 1 1
Yah Cuma digeser saja,,awalnya C
adalah ‘mi’ dari G# mayor scale,,namun di C phyrgian C menjadi ‘Do’ rootnya.
*Akor penerapannya lebih cocok ke akor minor (C minor chord)
Kalo kita ambil nada ke-1,ke-3 dan ke-5 nya
C Phrygian : C
C# D#(Eb) F
G G# A#(Bb) C
Maka kita dapat (C D#(Eb) G)=(1 b3
5) = Triad Minor
\m/Kadang di pake
dalam improvisasi jazz juga,,kalo yang DT(dream theater) seringnya pake
phrygian mayor(modul selanjutnya).
4. C Lydian = mainkan Nada ke 5
dari susunan scale dasar
Dalam hal ini C sebagai root,jika C mayor scale =
C,D,E,F,G,A,B,C
Jadi nada ke-5 nya yaitu G,,maka yang kita gunakan untuk C Lydian
adalah G mayor scale.
Maka C menjadi ‘Fa’ dalam G mayor scale
G mayor scale : G A B C D E F# G
C Lydian menjadi : C D E F# G A B C
Jarak nadanya : 1 1 1 ½ 1 1 ½
Awalnya C adalah ‘Fa’ dari G major scale namun pada C Lydian
C kembali menjadi ‘Root (1)’
*Akor penerapannya lebih cocok ke akor Mayor (C major chord)
Kalo kita ambil nada ke-1,ke-3 dan ke-5 nya
C Lydian menjadi : C D E F# G A B C
Maka kita dapat (C E G) = (1 3 5) =
Triad Mayor
\m/ banyak di lagu2nya Steve Vai, Joe Satriani . Paling jelas
di intro konsernya Steve Vai dan Nely Furtado waktu di Grammy Award.
5. C Mixolydian = mainkan Nada ke 4
dari susunan scale dasar
Dalam hal ini C sebagai root ,jika C mayor scale =
C,D,E,F,G,A,B,C
Jadi nada ke-4 nya yaitu F,,maka yang kita gunakan untuk C
Mixolydian adalah F mayor scale.
Maka C menjadi ‘Sol’ dalam F mayor scale
G mayor scale : F G A Bb C D E F
C Mixolydian menjadi : C D E F G A Bb C
Jarak nadanya : 1 1 ½ 1 1 ½ 1
Awalnya C adalah ‘Sol’ dari G major scale namun pada C
Mixolydian C kembali menjadi ‘Root (1)’
*Akor penerapannya lebih cocok ke akor Mayor (C major chord)
Kalo kita ambil nada ke-1,ke-3 dan ke-5 nya
C Mixolydian: C D E F G A Bb C
Maka kita dapat (C E G) = (1 3 5) =
Triad Mayor
\m/ Coba dengar
Glasgow Kiss,penuh dengan modus ini…hahahha
6. C Aeolian
C Aeolian adalah tangga nada C minor natural atau mungkin
untuk lebih gampangya mainkan scale
mayor 1 ½ Nada didepan nada dasar
dalam hal ini C sebagai root..
Jadi 1½ nada di depan C yaitu Eb(D#),,maka yang kita gunakan
untuk C Aeolian adalah Eb Mayor Scale.
Maka C menjadi ‘La’ dalam Eb Mayor Scale
Eb mayor scale : Eb F G Ab Bb C D Eb
C Aeolian menjadi : C D Eb F G Ab Bb C
Jarak nadanya : 1 ½ 1 1 ½ 1 1
Awalnya C adalah ‘La’ dari G major scale namun pada C
Aeolian C kembali menjadi ‘Root (1)’
*Akor penerapannya lebih cocok ke akor minor (C minor chord)
Kalo kita ambil nada ke-1,ke-3 dan ke-5 nya
C Aeolian : C D Eb F G Ab Bb C
Maka kita dapat (C Eb G) = (1 b3 5)
= Triad Minor
\m/Banyak dilagu2
yang bernuansa minor.
7. C Locrian = mainkan scale
mayor ½ Nada didepan nada dasar
Dalam hal ini C sebagai root..
Jadi nada ke ½ didepannya yaitu C#(Db),,maka yang kita
gunakan untuk C Locrian adalah C#(Db)
Mayor Scale.
Maka C menjadi ‘Si’ dalam C#(Db) mayor scale
C# mayor scale : C# D# F F# G# A# C C#
C Locrian menjadi : C C# D# F F# G# A# C
Jarak nadanya : ½ 1 1 ½ 1 1 1
Awalnya C adalah ‘Si’ dari C# major scale namun pada C
Locrian C kembali menjadi ‘Root (1)’.
*Akor penerapannya lebih cocok ke akor Diminished (C Diminished chord)
Kalo katong ambil nada ke-1,ke-3 dan ke-5 nya
C Locrian: C C# D# F F# G# A# C
Maka kita dapat (C Eb F#(Gb) ) = (1
b3 b5) = Triad Diminshed
\m/Locrian banyak
dipake di improvisasi2 jazz pada akor2 m7-5, 7-9 atau 7+5 atau terkadang
‘sedikit’ digunakan d Neo classic rock namun lebih ke Triad Diminished, contoh
pecandu Diminished yaitu Yngwie dan kawan2…hehehheheh
Jarak nada dari masing2 modus :
1.Ionian : 1
1 ½ 1 1 1 ½
2.Dorian : 1
½ 1 1 1 ½ 1
3.Phyrgian : ½ 1
1 1 ½ 1 1
4.Lydian : 1
1 1 ½ 1 1 ½
5.Mixolydian : 1 1 ½ 1
1 ½ 1
6.Aeolian : 1
½ 1 1 ½ 1 1
7.Locrian : ½
1 1 ½ 1 1 1
(Mirip matrix waktu katong SMP
dulu..hahhahaah)
Lihat Cara berpikir Cepat tanpa hafal !! cukup tau major
scale dari tiap root (akar ’Do’) dan semua bentuknya atau shapenya, berikut ini
!!:
a.
Ionian : mainkan major scaleroot
tersebut!!
b.
Dorian : mainkan mayor scale dari 1
nada (2 fret) dibelakang root tersebut!
c.
Phyrgian : mainkan mayor scale dari 2
nada (4 fret) dibelakang root tersebut!
d.
Lydian : mainkan mayor scale dari nada
ke 5 dalam root tersebut !!
e.
Mixolydian: mainkan mayor scale dari
nada ke 4 dalam root tersebut!!
f.
Aeolian : mainkan mayor scale dari 1
½ nada(3 fret) di depan root tersebut!!
g.
Locrian : mainkan mayor scale dari ½
nada(1 fret) di depan root tersebut !!
Done..!!!!!!!!!! selesai
persoalan…heeheheheheh
Kesimpulan dan tips :
-
* Sebenarnya yang terjadi di rumus
jarak nada tiap modus diatas ini Cuma pergeseran saja!! hahaah,,Cuma digeser2
ke kiri aja,,,kalo sudah lewat yah tambah ke belakang,, sangat mudah
!!!!…heheheeh
(Kalo waktu d SMP dulu sama seperti
MATRIX 7x7 ….hihihihihihhhi ).
-
* Coba dulu pada one chord (ditahan di
satu akor) lalu rasakan suasana modusnya dan diingat2 suasananya (
eeeennnnaaakkkk )
-
* Bisa gunakan looping untuk merekam
akor,bisa juga minta tolong teman yang membantu blocking akor Lalu kita mainkan
dan pindah2kan modusnya. (kalo teman gak mau silahkan ditonjok!!!hahahaha)
-
* Pada dasarnya kita Cukup menghafal
Mayor scale saja,tinggal bagaimana kita punya cara berpikir yg cepat,
contohnya: kalo saya mau maen dorian,
saya langsung berpikir maen scale mayor
1 nada (2 fret) di belakangnya..!! Kalo nada dasar C berarti pake Bb mayor
scale,,kalo G berarti F,, kalo Eb berarti Db!!
Begitupun dengan modus2 lainnya
harus dilatih ditiap2 Root. (Kalo pusing boleh ngerokok dulu,jangan paksa
bro!!hahahahah )
-
*Coba banyak dengar2 lagu n
instrument gitaris2 handal dunia,,dan tinjau modusnya
-
* Terapkan dulu modus yang inside
(sesuai dengan chordnya) baru mulai beralih ke arah yang lebih ‘sesat’ (outside)…
hahahahaahh..
-
* Latih fingering dan picking dengan
setiap sequence(putaran)nya dengan teratur dan disiplin.
-
*Untuk akor penerapan bisa dipakai
akor dengan tambahan seventh (7),dominant(b7), 9, 11, 13 tinggal ditambahkan
pada pengambilan nada.
Contohnya: nada yang ingin diambil :
1 3 5 7 atau 1 3 5 b7 dsb maka akornya
bisa lebih detail.
-
Modus2 dasar diatas bisa
dikembangkan lagi menjadi modus2 yang lebih manis dan ‘nakal’ ditelinga seperti
Mixolydian b6, Lydian b7, Superlocrian, Lydian #5 dkk… (ini bukan makanan
ringan lgi nih..hahahha,, ini sudah makanan pokok kyk jagung dan beras!!!
ckckckck)
Tapi nanti baru saya coba jelaskan
lagi yah,, di tulisan ke depan tapi sebenarnya saya juga masih belajar (ssssssttttttt………
diam2).
Thx...!!GB
No comments:
Post a Comment